Posted by: narulita08 | June 19, 2009

CONTOH AKTA PENJAMINAN PERUSAHAAN (CORPORATE GUARANTEE

PENJAMINAN PERUSAHAAN (CORPORATE GUARANTEE)
[KOMPARISI PENJAMIN]
(untuk selanjutnya akan disebut juga “PENJAMIN”)
[KOMPARISI, LESSOR ATAU KREDITUR]
(untuk selanjutnya disebut “Lessor”)
Para penghadap bertindak untuk diri sendiri dan sebagaimana tersebut terlebih dahulu menerangkan dalam akta ini:
-Bahwa “PENJAMIN” mengikatkan diri untuk menjamin pembayaran semua jumlah uang yang sekarang atau dikemudian hari terhutang dan wajib dibayar oleh Perseroan Terbatas … (untuk selanjutnya dalam akta ini akan disebut juga “Lessee”) kepada “Lessor” atas fasilitas leasing sejumlah Rp. … dalam bentuk Finance Lease sebagaimana ternyata dari akta PERJANJIAN LEASING tertanggal … nomor …, yang dibuat dihadapan saya, Notaris, berikut segala perubahan-perubahannya, penambahan-penambahannya, perpanjangan-perpanjangannya dan pembaharuan-pembaharuannya, untuk selanjutnya dalam perjanjian ini disebut PERJANJIAN LEASING.
-Berhubung dengan hal-hal tersebut diatas, maka PENJAMIN menyetujui untuk memberikan jaminan untuk kepentingan Lessor berdasarkan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
PASAL 1
PENJAMIN dengan ini menjamin dan berjanji secara tidak dapat ditarik kembali dan tanpa syarat untuk membayar sepenuhnya kepada Lessor atas permintaan pertama dari Lessor kepada PENJAMIN, semua jumlah-jumlah uang yang sekarang atau pada suatu waktu akan terhutang oleh Lessee kepada Lessor karena sebab apapun juga, baik karena Pengakuan Hutang, hutang pokok, bunga dan biaya-biaya lain, baik karena Jaminan Bank, surat-surat wesel, promesse, akseptasi atau surat dagang lainnya yang ditandatangani oleh Lessee sebagai acceptante, endossante, penarik atau avaliste atau berdasarkan apapun juga.
PASAL 2
PENJAMIN dengan ini melepaskan untuk kepentingan Lessor semua hak untuk dilunaskan lebih dahulu atau pembagian hutang (eerdere uitwinning en schuldsplitsing) dan segala hak utama dan eksepsi yang oleh Undang-Undang diberikan kepada seorang PENJAMIN, diantaranya tetapi tidak terbatas pada ketentuan-ketentuan ying disebut dalam pasal-pasal 1430, 1831, 1833, 1837, 1843, 1847,1848 dan pasal 1849 dari Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Indonesia.
PASAL 3
Jaminan ini tidak dapat dianggap terpenuhi dengan pembayaran atau penyelesaian sebagian dari jumlah-jumlah uang yang terhutang oleh Lessee kepada Lessor akan tetapi adalah jaminan terus-menerus dan meliputi semua jumlah atau jumlah-jumlah uang yang sewaktu-waktu yang terhutang oleh Lessee kepada Lessor menurut PERJANJIAN LEASING atau karena sebab apapun juga. Jumlah yang pada suatu saat karena sebab apapun juga terhutang oleh Lessee kepada Lessor, baik berupa hutang pokok, bunga maupun biayabiaya lain, bagi PENJAMIN dan mereka yang menerima hak dari PENJAMIN (rechtsverkrijgenden) adalah suatu hutang yang tak terbagi (ondeelbare schuld).
PASAL 4
Pembukuan dari Lessor mengenai jumlah uang yang sewaktu-waktu terhutang oleh Lessee kepada Lessor dan yang wajib dibayar oleh Lessee kepada Lessor berdasarkan PERJANJIAN LEASING atau berdasarkan apapun juga merupakan bukti yang sempurna dan mengikat dalam segala hal terhadap PENJAMIN, baik di dalam Pengadilan atau dimanapun juga.
PASAL 5
PENJAMIN dengan ini menjamin Lessor :
a. bahwa PENJAMIN berhak penuh untuk membuat dan melaksanakan jaminan yang termaktub dalam akta ini dan jaminan ini merupakan kewajiban yang sah dan mengikat dari PENJAMIN yang dapat dilaksanakan berdasarkan syarat-syarat tersebut;
b. bahwa tidak ada perkara atau perkara administrasi dihadapan badan peradilan yang sekarang berjalan atau yang sepengetahuannya PENJAMIN dapat mempunyai pengaruh yang mengancam harta kekayaan PENJAMIN atau yang dapat mempunyai pengaruh yang tidak baik atas usaha dan/atau harta kekayaan dan/atau keadaan keuangan PENJAMIN.
c. bahwa PENJAMIN berjanji dan mengikatkan diri untuk memenuhi dan melaksanakan dengan sebagaimana mestinya tentang syarat dan ketentuan yang diatur dalam Pasal 88 [UUPT YANG LAMA UU NO.1 TAHUN 1995, sesuaikan dengan UU NO.40 TAHUN 2007] Undang-Undang Nomor 40/2007 tentang Perseroan Terbatas. Kelalaian pelaksanaan syarat dan ketentuan dimaksud diatas sepenuhnya dan tanggung jawab PENJAMIN sepenuhnya, dan untuk itu membebaskan Lessor dari segala akibat yang timbul.
PASAL 6
PENJAMIN dengan ini memberi kuasa yang tidak dapat ditarik kembali dan yang tidak akan berakhir karena sebab apapun yang tercantum dalam pasal 1813 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Indonesia kepada Lessor untuk pada setiap saat membebani rekening PENJAMIN (bilamana ada) pada kantor Lessor atau pada setiap cabang kantor Lessor dimanapun juga, untuk memenuhi jaminan yang diberikannya berdasarkan akta ini, tanpa mengurangi setiap hak yang mungkin akan diperoleh oleh Lessor berdasarkan jaminan ini serta berdasarkan Undang-Undang dan berdasarkan setiap upaya hukum lain untuk mendapatkan kembali jumlah yang mungkin masih tersisa.
PASAL 7
Setiap pemberitahuan atau tagihan berdasarkan jaminan ini dianggap telah diterima secara sebagaimana mestinya kepada PENJAMIN dengan dikirimkannya pemberitahuan ataupun tagihan tersebut dengan pos yang ditujukan kepada PENJAMIN dengan alamat sebagai berikut:
… kecuali pemberitahuan tertulis terhadap perubahan alamat ini telah terlebih dahulu diberikan kepada Lessor.
Pemberitahuan kepada PENJAMIN dari Lessor dianggap diterima 48 (empat puluh delapan) jam setelah dimasukkan dalam pos dan adalah cukup bilamana ditandatangani oleh penjabat atau wakil dari Lessor dan pemberitahuan-pemberitahuan tersebut cukup dibuktikan dengan surat yang memuat tagihan tersebut diberi alamat sebagaimana mestinya dan dimasukkan dalam kantor pos.
PASAL 8
Pemberian Jaminan Perusahaan (Corporate Guarantee) yang diatur dalam akta ini tidak dapat diakhiri/dicabut oleh PENJAMIN tanpa persetujuan tertulis dari Lessor.
PASAL 9
PENJAMIN menerangkan bahwa untuk akta ini dan segala akibatnya serta pelaksanaannya, memilih tempat kedudukan hukum yang umum dan tetap di Kantor Panitera Pengadilan Negeri …
-PENUTUP AKTA.-

About these ads

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: